Selamat Datang Di Station Information Semoga Informasi yang didapat bermanfaat

E-travel Berbasis Cloud Computing

1.      PENDAHULUAN


Banyaknya pengguna jasa tour and travel saat ini semakin berkembang pesat. Pengguna biasanya memanfaatkan layanan ataupun produk yang ditawarkan. Layanan maupun produk dapat berupa bentuk seperti paket wisata , paket perjalanan yang di kemas sedemikian rupa untuk menarik konsumen menggunakan jasanya. Penawaran tersebut dilakukan dengan cara pemasaran maupun promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dengan adanya sistem informasi dapat membantu konsumen untuk memilih produk tour travel yang akan dipilih. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana  perusahaan tour and travel memanfaatkn teknologi informasi tersebut dan dapat di implementasikan di dalam perusahaannya berupa pemasaran produk yang disediakan dengan menggunakan sistem informasi secara online sehingga konsumen dapat megakses secara langsung sistem tersebut. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan sistem infomasi yang suda ada menjadi lebih baik dan lebih bermutu.

2.      LANDASAN TEORI
a.                  Pengertian Cloud Computing
Layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di computer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain. Cloud computing merupakan sebuah istilah baru dalam dunia teknologi informasi, cloud merupakan sebuah metode komputasi yang mengandalkan teknologi internet, cloud yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai awan yang artinya dalam teknologi informasi merupakan lambang internet, dimana sumber daya bersama, perangkat lunak, dan informasi disediakan untuk komputer dan perangkat lain sesuai permintaan, seperti jaringan listrik. Cloud computing adalah pergeseran paradigma mengikuti pergeseran dari


                                   
                                               Gambar 2.1 Ilustrasi Cloud Computing


Layanan-layanan pada Cloud Computing :
A.    SaaS, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bisa memanfaatkan  sumber daya perangkat lunak dengan cara berlangganan.
B. PaaS, layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi.
C         IaaS, meyediakan sumber daya pemrosesan.

b.                  Karateristik Cloud Conputing
Menurut National Institute for Standards and Technology (NIST) dalam Williams (2012) Cloud Computing memiliki 5 karakteristik yaitu diantaranya:
a. Broad network access
Sebuah layanan cloud computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dengan alat apapun, asalkan terhubung dengan jaringan internet.
b. On-demand self-service
Sebuah layanan cloud computing harus dapat dimanfaatkan oleh pengguna melalui mekanisme yang langsung tersedia saat dibutuhkan, dan campur tangan penyedia layanan yang sangat sedikit.
c. Resource pooling
Sebuah layanan cloud computing harus tersedia secara terpusat dan dapat membagi sumber daya secara efisien.
d. Measured service
Sebuah layanan cloud computingharus disediakan seca raterukur.
e. Rapid elasticity
Sebuah layanan cloud computing harus dapat menaikkan atau menurunkan kapasitas sesuai kebutuhan

c.                               E-Travel
Teknologi aplikasi E-Travel merupakan solusi lengkap berbasis cloud computing yang komprehensif dan web based yang mengadopsi teknologi ERP (Enterpise Resource Planning) yang tersusun atas modul-modul yang berfungsi untuk mempermudah dalam perencanaan, pengelolaan,dan mengatur transaksi yang ada didalam perusahaan travel agents serta dapat digunakan sebagai acuan pengambilan suatu sistem keputusan. Selain mendapatkan aplikasi, travel agents juga mendapatkan koneksi internet dan space hosting untuk penyimpanan data sebesar 200 MB per perusahaan. Sisfo ini mudah digunakan karena berbasis web dan berjalan di sistem operasi Linux/Windows dan sudah dirancang untuk ruang lingkup Local Area Network (LAN). E-Travel akan memperoleh subdomain dan mendapatkan space hosting untuk menyimpan data transaksi. Diharapkan hal tersebut akan lebih memiliki nilai jual bagi travel yang bersangkutan.

3.      RANCANGAN SISTEM
Sistem komputing cloud, yang merupakan sistem terdistribusi, meletakkan aplikasi (dalam hal ini sisfo E-Travel) di atas infrastruktur virtual berupa VM.  Infrastruktur virtual ini menyediakan pemetaan aplikasi-aplikasi ke sumber daya hardware fisik secara otonomous, dinamik dan skalabel. Pemetaan aplikasi ke sumber daya fisik dilakukan oleh sistem manajer mesin virtual. Dengan menggunakan IaaS tipe travel dijadikan satu dalam satu server yang sama, selanjutnya aplikasi disimpan pada sistem SaaS. Aplikasi client dapat diakses dari berbagai macam device, yang terkoneksi dengan jaringan Internet. Sementara aplikasi server yang merupakan penyedia layanan, terhubung dengan cloud server. Gambaran umum sistem tour and travel (e-travel) seperti di bawah ini :

Gambar 3.1 Gambaran umum E-Travel

:: Semoga bermanfaat ilmunya :) ::
Previous
Next Post »