Selamat Datang Di Station Information Semoga Informasi yang didapat bermanfaat

Wisata Gunung Kawah Ijen

penampakan bibir kawah ijen yang menawan
Selamat sore sahabat adventure, kali ini kami berkunjung ketempat yang sedikit extreme yaitu di WISATA GUNUNG KAWAH IJEN yang sangat eksotis dan indah. Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Setelah melihat ulasan yang diatas mari kita menuju cerita perjalanan saya yang penuh dengan lika-liku dan menegangkan. Oke langsung ke TKP..

Kami berangkat dengan mengendarai 7 kendaraan bermotor dengan 14 penumpang, kami memulai perjalanan pada pukul 09.00 malam. Kemungkinan perjalanan sampai paltuding atau tempat pendakian kawah ijen -+ 7 jam perjalanan. Kami perjalanan dari Sidoarjo melewati pasuruan lalu sampai probolinggo setelah sampai probolinggo kita sampai pada paiton yang terkenal dengan lampu yang selalu menyala. Kebetulan kami dapat melihatnya malam hari dengan pemandangan yang sungguh indah seperti gambar berikut :

pemandangan yang sungguh menarik di malam hari

Sangat indah bukan kalau malam hari, o'iya kebetulan anak CB sedang mengadakan event di paiton jadi sangat banyak anak CB sepanjang perjalanan. Sebelum paiton biasanya kalau malam ada operasi para polisi karena teman kami ada yang tidak lengkap maka kami menunggu operasi sampai selesai.
Setelah melewati paiton kami bergegas menuju ke bondowoso yang jalannya melewati gunung, jadi bisa dibayangkan kalau malam hari seperti apa. o'iya sebelumnya saya sendiri tidak tahu medannya seperti apa.mungkin 30 km perjalanan bondowoso sampai titik awal perjalanan ke paltuding, untuk sampai paltuding kita membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam. jalannya broo sungguh ngeri kalau malam hari hanya terlihat kanan kiri hutan dan depan jalan yang berlubang-lubang. kalau naik sepeda motor kesana lagi mending pagi broo jangan malam saran ane sungguh sepi dan sunyi.
akhirnya setelah beberapa jam melewati beberapa perkampungan dan hutan akhirnya kami sampai pos pertama menuju paltuding kita dikenakan biaya 10.000 untuk biaya lewat. 17 km berikutnya kami sampai pos kedua dikenakan biaya 10.000 untuk biaya lewat berikutnya sampai pos 3. setelah sampai pos 3 kita sudah hampir sampai pada paltuding namun sayang karena banyak kendala dijalan kita sampai paltuding pukul 05.30 pagi. dan akhirnya...

pintu gerbang utama kawah ijen yang dipinggir jalan

Akhirnya setelah melewati banyak rintangan di hutan dan dijalan kami pun sampai di kawah ijen dengan selamat dan memakirkan sepeda kami pada penitipan yang sudah disediakan.

tempat berpakir sepeda motor dan mobil pada kawha ijen

berikut pemandangan parkiran kawah ijen yang sudah banyak orang ternyata dan merekapun sudah naik keatas untuk menikmati blue fire. o'iya blue fire sendiri merupakan api biru yang muncul ketika malam pada bibir kawah dan blue fire sendiri ada 2 di dunia yang satu ada di indonesia yaitu kawah ijen dan yang satunya ada di new zealand. sungguh indah bukan indonesia bahkan banyak turis asing yang datang kesini hanya untuk melihat api biru ini. oke setelah istirahat sejenak kami pun akhirnya melanjutkan perjalanan ke puncak gunung dengan berjalan kaki bro hehe..

perjalanan awal menuju puncak

kami mulai perjalanan pukul set 6 pagi bro masih dingin tentunya tapi mereka yang melihat blue fire sudah turun haha. kita telat tetapi tidak apa-apa toh udah terjadi akhirnya kami pun melanjutkan perjalanan pagi hari yang disuguhkan pemandangan yang menarik.

pos pertama terdapat oleh-oleh dari belerang

pemandangan di perjalanan yang nanjak tetapi jalannya sudah setapak dan terbentuk dengan baik tinggal stamina kuat atau tidak. kami pun sampai pos pertama dengan waktu 45 menit. di pos pertama banyak yang jual kerajinan dari belerang yang cukup cantik untuk dijadikan oleh-oleh seperti gambar di atas. setelah istirahat sebentar kami pun melanjutkan perjalanan.

perjalanan selanjutnya setelah pos 1

pemandangan bibir kawah ijen dan perjalanan masih diatas

orang yang mencari nafkah digunung

o'iya disini juga ada para penambang yang sedang bekerja untuk mencari nafkah dengan mengambil belerang yang ada di puncak gunung jadi bayangkan saja kalau setiap hari harus naik turun gunung dengan beban yang tidak ringan hampir 50 kg per 1 angkatan. sungguh luar biasa bukan perjuangan mereka. untuk dari atas saat ini sudah menggunakan gerobak jadi sedikit berkurang bebannya. oke kita lanjutkan perjalanan kurang lebih 1 jam perjalanan baru kita sampai puncak kawah yang sungguh indah terbayar sudah perjuangannya.

jalanan yang ada di puncak kawah

pemandangan dari tengah jalanan yang sudah ada bayangkana kanan kiri sudah jurang sebelah kiri ini seperti gambar dibawa yaitu kawah ijen dan sebelah kanan jurang

aktivitas gunung ijen yang terus mengeluarkan asap

akhirnya perjalanan kami berhenti pada puncak kawah ijen yang sungguh menawan broo pagi aja sudah sebagus ini apalagi kalau malam sudah tambah indah karena malam hari pada titik asap itu berubah menjadi blue fire atau api biru yang hanya terdapat 2 didunia.

berikut moment yang bisa kami abadikan setelah sampai puncak kawah ijen, o'iya disarankan membawa masker untuk jaga-jaga bau belerang yang sangat menyengat kalau mendekatinya.
pose cool saat berada di bibir kawah ijen

sedikit bergaya waktu diatas

Sungguh terbayar lunas akhirnya perjalanan kami dengan sampai di puncak gunung yang tingginya 2.443 mdpl yang sungguh luar biasa indahnya. untuk biaya masuk dikenakan 7.500 per orang dan 5000 per sepeda motor.sudah bisa menikmati keindahan nusantara indonesia. setelah sampai atas kami berfikir bagaimana pulangnya hehe. perjalanan turun 2 jam, perjalanan pulang hampir 7 jam. setelah letih kami istirahat mengisi tenaga untuk pulang. dan perjalanan pulangnya pun menyimpan kisah sendir bagi saya bagaimana tidak jalan yang malam hari tidak terlihat apa-apa paginya kelihatan. Ternyata kita melewati 2 bukit 1 Gunung untuk sampai pada paltuding yang tentunya kanan kiri terdapat jurang, bayangkan aja malamnya tidak kelihatan paginya jurang. tapi tetepberdoa dalam hati biae selamat dan kebetulan hujan pula waktu pulang lengkap sudah perjalanannya. dan kami pun sampai  rumah persisi seperti berangkat pukul 09.00 malam juga. langsung teparr. hehe..

Begitulah pengalaman kami di wisata gunung kawah ijen yang penuh dengan cerita didalamnya. Semoga menjadi destinasi sobat berikutnya untuk mengisi liburan.